Palembang - Ribuan orang memadati Plaza Benteng Kuto Besak, Sabtu (11/3/2017) malam. Mereka antusias mengikuti rangkaian acara pada pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kota Palembang Tahun 2017. Hadir dalam acara ini, antara lain, Wali Kota Palembang Harnojoyo, Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda, Ketua DPRD Palembang Darmawan, Wakil Ketua DPRD Muliadi, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palembang Selviana Harnojoyo, para tokoh agama dan tokoh masyarakat pejabat di OPD Pemkot Palembang.

Di acara ini juga dibacakan Al Quran oleh 500 qori dan qoriah Palembang, yang bakal masuk rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Pembacaan Al Quran secara massal ini jadi pembuka MTQ yang akan dipusatkan di Kecamatan Seberang Ulu dan diikuti seluruh kecamatan di Palembang.

Di Plaza BKB malam ini, Wali Kota Palembang Harnojoyo juga meluncurkan gerakan shalat subuh berjamaah di seluruh masjid di kota ini.

Harnojoyo mengatakan gerakan shalat subuh berjamaah sudah digencarkan sejak setahun terakhir. Ada banyak manfaat subuh berjamaah ke masjid maupun musala.

Selain menjalin silaturahmi dengan warga, Wali Kota Harnojoyo juga bisa menyerap aspirasi masyarakat secara langsung.

“Kebijakan pembangunan dan program pembangunan juga bisa disosialisasikan langsung ke masyarakat,” ujar Harnojoyo.

Ia mengajak masyarakat Palembang untuk terus bersemangat memakmurkan masjid.

“Karena dengan shalat Subuh sebelum memulai hari, niscaya didapat keberkahan dari Allah. Every day succes with subuh,” kata Harnojoyo.

Adapun MTQ, Harnojoyo mengatakan acara ini merupakan wujud kecintaan terhadap kitab suci Al Quran sebagai pedoman hidup kaum muslimin.

“Semoga dengan acara ini terwujud Palembang yang EMAS (Elok Madani Aman dan Sejahtera).”

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Reza Fahlevi, mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan sebagai wujud syukur atas prestasi Qori-Qoriah Kota Palembang yang setiap tahunnya menjadi langganan juara di gelaran MTQ tingkat provinsi.

Karena itu, acara pertama kali dan terbesar yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang ini (pembacaan Al Quran oleh 500 qori/qoriah) diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk maju. Termasuk untuk mendukung pembangunan Palembang yang kini tengah dan akan terus berjalan.

“Acara ini digagas oleh pemimpin kota Palembang untuk masyarakat. Agar masyarakat mencintai dan menjadikan Al Quran sebagai pedoman dalam sendi kehidupan,” ujar Reza, yang juga ketua panitia kegiatan malam ini.

KH Kgs Nawawi Dencik Al Hafiz, memuji penyelanggaraan acara ini. Ia mengatakan, ini merupakan acara terbesar yang digagas oleh pemerintah untuk mengajak masyarakat cinta Al Quran.

“Malam ini, Juara 1 tingkat internasional, tingkat nasional, provinsi, kota dan kabupaten hadir untuk rekor MURI. Dikumpulkan di satu tempat sebagai wujud kecintaan kita terhadap Alquran. Luar biasa,” ujar KH Nawawi.

Acara ini juga diisi tausiyah oleh Ustadz Solihin Hasibuan. Ustadz Solihin mengajak semua orang, pemerintah dan masyarakat untuk membaca, merenungi, serta mengamalkan isi kandungan Al Quran, agar meraih kesuksesan dunia akhirat. (*)